• Breaking News

    SEORANG NETIZEN SALTO SECARA MENDADAK SETELAH MEMBACA BLOG SIMARYON. -O- SEMENJAK BLOG SIMARYON DITERBITKAN, HARGA BAYGON LARIS MANIS, AKAN TETAPI ANGKA KEMATIAN MENINGKAT. -O- PEDANG, CLURIT, DAN BOM ASAP BANYAK DITEMUKAN DIKALANGAN PEMBACA BLOG SIMARYON. -O- SEORANG NENEK MENDADAK BREAKDANCE DI LANTAI ATAS HARTONO MALL SAAT TAU BLOG SIMARYON TEMPLATENYA GANTI. -O- NIKI SETIAWAN : "I LOVE YOU, CHICKEN." -O- SEEKOR CHICKEN MENDADAK JADI DOG SAAT TAU BLOG SIMARYON. -O- DITEMUKAN MAYAT HIDUP YANG TELAH MENINGGAL, DIDUGA ADA TANDA SIMARYON BLOG DI HP CHINANYA, SETELAH DITELITI, TERNYATA MAYAT TERSEBUT SUDAH MENINGGAL.

    Berbagi Kegundahan Melalui Tulisan

    Tuesday, 5 April 2016

    Mari Bergalau!









    sebenernya galau itu apaan, sih? Kayaknya ni kata udah meng-Indonesia banget (alah). Gue peratiin, hampir semua dialog anak muda pasti disisipin kata “galau”. Lagi ngomongin rumus fisika, ujung-ujungnya galau; lagi ngomongin ukuran sempak, ujung-ujungnya galau. Sebenernya temen-temen pada tau gak arti galau? Kalo ada yang belom tau, ni definisinya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia biar lebih jelas, 

    Galau adalah : ga•lau a, ber•ga•lau a sibuk beramai-ramai; ramai sekali; kacau tidak keruan (pikiran); ke•ga•lau•an n sifat (keadaan hal). 
    Jadi bisa ditarik kesimpulan kalo galau itu adalah suatu bentuk pikiran yang kacau (benar-benar ringkas). Penyebab galau tuh macem-macem, ada yang karena putus cinta, kuliah, bisnis, dll. Intinya sih semua sama aja, masalah disebabkan karena adanya jarak yang terlalu jauh antara ekspektasi dan realitas. Ketahuilah bahwa galau yang berlebihan bisa menyebabkan depresi dan itu bisa buat kita keliatan tua! Coba aja peratiin, orang yang keseringan stress tu pasti rambutnya cepet ubanan, orang yang keseringan maen layangan pasti rambutnya jadi merah. Makanya jangan sering-sering galau!

    Sebenernya orang tuh kalo lagi galau tuh ngapain aja, sih? Apakah ia hanya diam berpangku tangan sambil merenungkan masalahnya? Atau ia hanya berpangku tangan sambil diam merenungkan masalahnya? Sebenernya kalo gue peratiin, orang galau tuh kelakuannya macem-macem. Ada yang suka nyanyi lagu-lagu mellow, nonton drama, nonton kebakaran. Macem-macem lah ekspresi kegalauan itu. Nah, daripada bingung, mending liat aja klasifikasi kelakuan orang galau versi gue! (jangan berharap lebih, jangan berharap cewek cantik)

    1. Curhat




    Curhat atau curahan hati memang sering dilakukan oleh orang yang sedang depresi. Tentunya curhat akan mengurangi beban pikiran kita. Setelah curhat, perasaan kita akan sedikit lega, sama rasanya dengan setelah boker. Cara untuk curhat pun macem-macem; cerita ke temen secara langsung lah, sms-an lah, teleponan lah, chatting lah. Dan curhat juga gak harus menceritakan isi hati kita kepada orang lain (interaksional), banyak juga orang mengeluarkan unek-uneknya lewat diary, blog, atau sekedar nulis status di fb. Kalo gue sih biasa cerita ke abang gue atau gak curhat lewat blog. Dan cara ngeluarin unek-unek yang lagi ngetren saat ini adalah dihipnotis ama Uya Kuya. Awalnya gue mikir, kok mereka mau aja sih buka-buka aib di depan umum, gue aja malu kalo buka celana di depan Dian Sastro. Tapi uang berbicara lain di atas kemaluan mereka (kata benda untuk “malu”, bukan duit mejeng di atas nyitnyit *sensor*). Dengan hanya diiming-imingi selembaran kertas wangi berwarna merah (ceban), mereka rela untuk dihipnotis oleh si kuya tersebut. Lagian kata mereka, “ah, orang direkayasa ini...aib juga bukan aib gue...sikat daah”. Dan hipnotisnya ternyata multifungsi, gak hanya bisa ngeluarin unek-unek. Dengan dihipnotis ama si kuya tersebut, kita juga bisa mendadak mengelurakan bakat tersembunyi kita. Dengan sekejap mereka jadi bisa joget dangdut, gak perlu organ tunggal atau organ ganda campuran, jempol mereka asik goyang. Asoyyy. (orang dihipnotis bukannya lemes malah joget-joget...heran gue)

    2. Menangis



    Siapa pun pernah nangis, minimal sekali pas lahir. Biasanya mereka yang udah bener-bener gak tahan dengan cobaannya pasti secara tidak sadar mengeluarkan air mata (contoh : orang yang tidak tahan kecipratan biji cabe rawit pasti keluar air mata). Itu adalah reaksi manusiawi yang ditimbulkan dari patologi hati. Masalah nangis, dulu gue hobi banget nangisin anak orang. Pernah anak orang nangis gara-gara “barang”nya gue timpuk pake bola kasti. Gue merasa bersalah dan kayaknya gue beneran dapet karma. Pantesan punya gue rada bengkok. Pernah gue juga sempat sliding tackle anak kecil belagu yang mondar mandir didepan gue, dia nangis dan manggil bokapnya, eh bokapnya homo. Yasudah, kepala gue dilomotin sama dia. Untuk laki-laki, biasanya mereka merasa malu dan gengsi untuk menangis. Mereka merasa air mata mereka hanya akan meruntuhkan kejantanan mereka.

    3. Bertindak brutal



    Brutalitas sering dilakukan oleh beberapa orang yang udah buntu banget ama masalahnya. Bunuh diri lah, bunuh-bunuhan lah. Saat terjebak dalam penyesalan yang membuat ia merasa bersalah gak karuan, seseorang akan membenci dirinya sendiri. Awalnya hanya perlakuan verbal seperti memaki dirinya sendiri, terus lama-lama mulai kesel ampe mukul-mukul tembok, jedotin kepala ke tembok, nembok rumah orang. Dan gak jarang orang yang perasaannya udah bener-bener butek dan pikirannya udah bener-bener cetek (ni udah kayak selokan depan rumah gue) akan langsung membunuh dirinya sendiri. Mereka merasa kalau semuanya udah gak bisa dilurusin lagi, mereka sangat putus asa dengan impotensi mereka.

    4. Lakukan hal-hal yang menyenangkan 



    Kebanyakan orang-orang yang lagi galau pasti pengen dihibur atau dapet hiburan. Mungkin hal-hal yang menyenangkan kalau lagi galau jadi gak menyenangkan, tapi seenggaknya lakukanlah hal-hal yang yang dari dulu pengen dilakukan. Contohnya gue, gue dari dulu pengen banget maen bungee jumping. Sayangnya gue gak punya duit buat nyewa alat-alatnya. Untung gue kreatif. Gue nyari tambang buat ngiket kaki gue. Gue lompat dari tebing, talinya dijagain temen gue. Pas lompat, gue nereakin semua unek-unek gue. Gue tereak, “Kapan gue ganteeeeeeeeng!!!!!!!!!!!”. Eh, talinya lepas. Gue koma 3 minggu.



    Selesai. 



    5 comments:

    1. Sekrang uya kuya udah g main hipnotis~hipnotisan lagi bang
      Gimana tuh bang solusinya?
      .
      Sayang y bang cuma koma doang engga sampe mati
      Sayang banget

      ReplyDelete
    2. Galau + Curhat udah jadi makanan kita sehari-hari
      Gak masalah sih selama galaunya gak berlebihan. Misalnya galau sampe ngemilin knalpot bajai.
      Dan curhat juga harus pada orang & tempat yang tepat. Jangan sampe curhat sama orang yang lagi mabok gara-gara ngemutin penghapus SD warna-warni.
      Nice post....

      ReplyDelete
    3. curhat, nulis status di line, nangis, sama makan banyak itu bikin tenang seenggaknya. galau emang g enak ye yon. berasa ada yg patah di hati, entah masalah cinta, karir, dsb dah. kayak ada keadaan yg mengganjal gitu ampe susah buat tidur.

      ReplyDelete
    4. Bener banget, rata-rata orang galau emang begitu.. kalo gue sendiri saat galaunya muncul gue paling asik jalan-jalan, makan, sama nonton film. hehehe... Setiap orang beda-beda dalam mengatasi kegalauannya kan?

      Padahal ada obat galau paling ampuh yaitu dengan zikir atau mengingat Tuhan karena itu cara terbaik yang bisa membuat hati kita tenang.

      Say no to galau... :D

      ReplyDelete
    5. iya sih ya, gue kalau lagi galau juga hal pertama yang gue lakukan adalah curhat ke sahabat. itu tuh kayak pertolongan pertama pada luka (di hati). tapi, ada juga lo kalau pas galau gue juga sering ambil wudhu terus sholat..berdoa sama Alloh...super sekali....yang penting mah jangan bertindak brutal, bisa bisa malah makin parah galaunya kan nambah masalah..mendingan ke salon kek, nonton drama korea atau tidur. really, it works. yang penting setelah itu harus punya usaha buat menanggapi masalah sumber yang bikin galau..kalau masalah hilang galau pun sirna. itu.

      ReplyDelete

    '; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

    Putra Didik

    Photobucket